Visi dan Misi Program Studi Farmasi Univeritas Indonesia Timur


Visi Program Studi Farmasi
Univeritas Indonesia Timur


Menjadi Program Studi Farmasi yang menghasilkan lulusan yang unggul dibidang bahan alam yang berbasis teknologi informasi 4.0 dan berdaya saing di Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2022.

           Visi tersebut menggambarkan kondisi masa depan yang diharapkan oleh semua pemangku kepentingan di program studi Farmasi yang dapat dijelaskan sebagai berikut : 
  1. Pernyataan unggul, mengandung arti bernilai kompetitif tinggi. Keunggulan yang dikembangkan mengarah kepada beberapa bidang yaitu ; pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan kelembagaan yang dilaksanakan secara profesional. 
  2. Bahan alam, mengandung arti mampu mengembangkan bahan obat, obat dan kosmetik yang bersumber dari bahan alam menjadi suatu produk yang bermanfaat bagi masyarakat. 
  3. Pernyataan berbasis teknologi informasi 4.0, mengandung arti bahwa dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengkomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi berbasis teknologi. 
  4. Pernyataan berdaya saing di Provinsi Sulawesi Selatan, mengandung arti bahwa kualitas pendidikan Program Studi Farmasi Fakultas Farmasi UIT sejajar dengan program studi Farmasi yang terakreditasi se-Sulawesi Selatan. 
  5. Pernyataan 2022 adalah kurun waktu pencapaian visi Program Studi Farmasi Fakultas Farmasi dalam satu periode visi yang setara dengan Program Studi Farmasi yang terakreditasi se-Sulawesi Selatan.



         Visi tersebut di atas sangat jelas dan sangat realistis, karena telah disusun  dengan kriteria : spesifik, terukur, terjangkau, rasional dan batasan waktu, hal ini dijelaskan sebagai berikut : 
1.    Spesifik, dengan kriteria tersebut diharapkan menjadikan Program Studi Farmasi Fakultas Farmasi Universitas Indonesia Timur sebagai sumber ilmu pengetahuan dalam proses pembangunan kesehatan yang sedang dijalankan oleh negara. Kriteria ini diharapkan sebagai keunggulan kompetitif di bidang bahan alam, sehingga masyarakat yakin bahwa yang dihasilkan oleh Program Studi Farmasi Fakultas Farmasi Universitas Indonesia Timur akan bermanfaat bagi proses pembangunan kesehatan bagi bangsa dan negara. 
2.    Terukur, dengan kriteria ini, visi  yang telah dirumuskan dapat terukur dari cakupan wilayah se-Sulawesi Selatan dan dimensi waktu Tahun 2022. Untuk selalu dapat memenuhi standar ukuran, maka benchmarking selalu dilakukan dengan cara melakukan monitoring dan evaluasi (https://uit.ac.id) secara berkesinambungan dan membuka wawasan dengan melakukan studi banding (dokumen pendukung) di Industri Obat dan Kosmetik serta perguruan tinggi lain, baik dalam negeri maupun luar negeri. 
3.    Terjangkau, kriteria ini menggambarkan kondisi sebagai base line, yaitu tersedianya infrastruktur, sumber daya manusia (dokumen data dosen), biaya dan lokasi yang sangat terjangkau. Program Studi Farmasi Fakultas Farmasi Universitas Indonesia Timur menghasilkan lulusan yang profesional dalam memecahkan dan mengelola riset untuk pengembangan kemajuan program kesehatan di bidang bahan alam secara mandiri dan berkelanjutan yang berbasis teknologi informasi 4.0. 
4.    Rasional, Tingkat keterukuran visi ditunjukkan oleh penetapan dan pencapaian standar mutu baik akademik maupun non akademik. Keterwujudan visi ditunjukkan oleh pengakuan masyarakat terhadap alumni yang tersebar luas diberbagai profesi dan wilayah (dokumen terkait), serta meningkatnya kerjasama nasional dan internasional (dokumen terkait). 
5.    Batas waktu (Time line), visi Program Studi Farmasi Fakultas Farmasi UIT akan tercapai pada tahun 2022, hal ini telah diperhitungkan berdasarkan indikator-indikator yang ada pada saat ini. Hal tersebut didasarkan SK Rektor Nomor : 339-SK/R-UIT/VII/2017 tentang Rencana Strategis dan Rencana Operasional Tahun 2018/2022 Universitas Indonesia Timur. Jangka waktu tersebut terlalu cepat, tetapi dengan kerja keras dan dukungan dari para pemangku kepentingan maka kurun waktu tersebut sangat realistis.


Misi Program Studi Farmasi
Univeritas Indonesia Timur

  1. Melaksanakan pendidikan farmasi di bidang bahan alam dengan sistem manajemen mutu yang berbasis informasi teknologi 4.0 dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi.  
  2. Melaksanakan penelitian farmasi yang berkualitas untuk pengembangan pengetahuan dan teknologi informasi 4.0 di bidang bahan alam. 
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam penerapan ilmu farmasi berbasis teknologi informasi 4,0 di bidang bahan alam untuk kesejahteraan masyarakat. 
  4. Menjalin kerjasama dengan berbagai instansi terkait dalam rangka menghasilkan lulusan yang profesional dan berdaya saing di Provinsi Sulawesi Selatan. 
  5. Melakukan tata kelola prodi berbasis Sistem Penjaminan Mutu Internal

No comments:

Post a Comment